Rabu, 31 Agustus 2022

RANCANGAN TINDAKAN UNTUK AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

MENUMBUHKAN NILAI KEIMANAN DAN KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA SEBAGAI BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

 

 



ZAENAL IKHSAN, S.Kom.

CGP ANGKATAN 5

SMAN 1 BOJONEGORO

 

 


LATAR BELAKANG


Di zaman revolusi industri 4.0, kita sebagai guru atau pendidik dihadapkan pada permasalahan krisis moral anak bangsa. Hal ini disebabkan karena sebagian besar dari generasi muda sekarang mengikuti tren budaya dari luar tanpa terlebih dahulu mengkaji ulang dan menyesuaikan serta menyaring budaya tersebut ditambah lagi dengan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat memberikan dampak terhadap perkembangan karakter anak. Untuk itu, kita sebagai pendidik perlu menerapkan kembali budaya positif pada anak di lingkungan sekolah agar nantinya mereka mampu menyaring dampak negatif dari budaya luar tersebut.

 

Budaya positif di sekolah merupakan nilai-nilai, keyakinan dan asumsi dasar yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dan diyakini di sekolah. Budaya positif tersebut berisi kebiasaan-kebiasaan yang sudah disepakati bersama dan dijalankan dalam waktu yang lama dengan memperhatikan kodrat anak dalam hal ini kodrat alam dan kodrat zaman serta keberpihakan pada anak. Beberapa nilai dari beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia yang dapat diintegrasikan di sekolah adalah pembiasaan salam. Serta melakukan pembiasaan do’a sebelum dan sesudah pembelajaran serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

 

Upaya dalam menanamkan budaya positif di sekolah, guru memiliki peran sentral yaitu posisi kontrol guru sebagai manajer dalam menerapkan budaya positif. Guru juga berperan sebagai motivator dan inspirator dalam menumbuhkan budaya positif sehingga nantinya guru akan menjadi “ing ngarso sung tulodho” dan menjadi agen transformasi perubahan untuk mewujudkan murid yang memiliki karakter profil pelajar Pancasila. Dalam menciptakan budaya positif, guru tentunya harus bekerjasama dengan warga sekolah dalam hal ini kepala sekolah, rekan-rekan guru dan juga murid serta melibatkan orangtua dan masyarakat sekitar. Adanya kolaborasi antara pihak sekolah dengan masyarakat dalam menjalankan budaya positif dapat menciptakan karakter murid yang memiliki nilai-nilai pelajar Pancasila.

 

TUJUAN


  • Mendidik siswa untuk melakukan pembiasaan salam (penghormatan, pengahargaan dan keberkahan)
  • Menumbuhkan kebiasaan do’a bersama kepada siswa
  • Mendidik dan menumbuhkan kebiasaan sholat dhuha baik di sekolah maupun di rumah
  • Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan tersebut bukan hanya di sekolah melainkan di rumah dan di lingkungan masyarakat

 

TOLOK UKUR


Mewujudkan siswa yang memiliki karakater nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia sebagai bentuk budaya positif di sekolah

 


LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN


Adapun rincian dari tindakan aksi nyata yang dilakukan adalah :

MINGGU I

Meminta izin dan dukungan kepada kepala sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan

MINGGU II

Mensosialisasikan kepada rekan-rekan guru dan siswa tentang kegiatan aksi nyata

MINGGU III

Membimbing siswa dalam penerapan aksi nyata

MINGGU IV

Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan dalam aksi nyata menjadi pembiasaan budaya positif di sekolah

 


DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN


Untuk kelancaran dari tindakan aksi nyata yang dilakukan terkait penerapan nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia sebgai bentuk budaya positif di sekolah pastinya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yaitu kepala sekolah, rekan-rekan guru, murid, pembina diniyah dan orang tua serta sarana dan prasarana sekolah.

 

DOKUMENTASI :

Foto Penyusunan Keyakinan Kelas Di Beberapa Kelas Sebelum Pelaksanaan KBM Berlangsung

Foto Sosialisasi Hasil Keyakinan Kelas Oleh Ketua Kelas Dihadapan Teman Sekelas dan Guru

Foto Penyampaian Dokumentasi Adminitrasi Keyakinan Kelas 
Yang Di Bukukan Oleh Perwakilan Murid
 


Salam Penggerak

Guru Bergerak, Indonesia Maju

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search