Kamis, 07 April 2022

Sosialisasi Dan Penguatan Pendidikan Guru Penggerak Oleh Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro

Sambutan dari Kasi SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro Bersama Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bojonegoro

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistic, aktid dan prokaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan Sosialisasi dan Penguatan Calon Guru Penggerak Angkatan 5 yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bojonegoro pada Kamis, 7 April 2022, pukul 09.00 – 12.30 WIB dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan dihadiri peserta Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 5 yang telah dinyatakan lolos seleksi tahap simulasi mengajar (Tahap 1) dan seleksi wawancara (Tahap 2) dari SMA,SMK dan SLB/PKLK se Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro sebanyak 79 peserta dari total 206 peserta yang lolos dari Kabupaten Bojonegoro, pengawas SMA/SMK lihat pengumuman serta unsur dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro.


Fasilitator Guru Pengerak dari Pengawas SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Privinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro Sedang Berdiskusi


Untuk narasumber kegiatan itu sendiri adalah para pengawas SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro yang diberi tugas untuk menjadi fasilitator dan instruktur dalam program Guru Penggerak, diantaranya Bapak Drs. Teguh Supriyadi, Bapak Dasiono, S.Pd., M.Pd., Ibu Ida Mintarina Nulfita, M.Pd., Bapak Ribut Margo Mulyanto S.Pd., M.Pd., Bapak Drs. Imam Sujianto, M.Pd, Bapak Luqman, S.Pd, Ibu Anis Fatul Cholis, M.Pd, Ibu Sriatun, M.Pd, Ibu Dra. Titik Moedjayanti, M.M, Bapak Samadi M.Pd.


Selain itu juga dalam kegiatan tersebut para Calon Pengajar Praktik Angkatan 5 dari Cabang Dinas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan sedikit tentang apa tugasnya nantinya dalam mendampingi Calon Guru Penggerak (CGP) ketika mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.


Dalam kegiatan tersebut para fasilitator dan instruktur memotivasi para peserta agar bersemangat dalam mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak nantinya, dengan tujuan agar nantinya para Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 5 dari Kabupaten Bojonegoro dapat lolos sehingga kebijakan Program Guru Penggerak yang disampaikan Mas Nadiem sebagai Program Merdeka Belajar Episode Kelima dapat terwujud. 


Sesuai rencana Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 akan dilaksanakan mulai bulan April 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring.


“ Mengapa Bapak Ibu datang di ruang ini ? “ tanya Bapak Teguh Supriyadi kepada peserta. Menurut Bapak Teguh Supriyadi para peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 5 selain datang karena diundang juga karena wujud kepedulian dari fasilitator untuk memberikan sosialisasi kepada CGP dan kegiatan ini murni tumbuh dari kemauan fasilitator agar peserta semua sama-sama sukses untuk menyelesaikan program yang akan dipelajari bersama dan fasilitator ingin berbagi sehingga hadir dalam kegiatan ini.


Tujuan Program Guru Penggerak diharapkan nantinya adalah :

  1. Selama jadi guru akan terjadi perubahan kurikulum. Karena selama ini para guru belum ada yang menggunakan filosofi pembelajaran berbasis budaya sendiri. bagaimana menuntut anak agar sesuai kodrat jaman, alam dan menjadi pelajar Pancasila.
  2. Menjadi bagian dari Revolusi Pendidikan.
  3. Menjadi guru yg menjadi teknik didaktik dan mempunyai tugas guru menuntun.
  4. Menjadi guru yang mempunyai strata di atas guru rata-rata. Artinya bagaimana menyusun RPP bermuatan KSE dan pembelajaran berdiferensiasi. siap menjadi guru dan guru yang perfect.


Menurut fasilitator Bapak Ribut Margo Mulyanto S.Pd., M.Pd., Bapak Luqman, S.Pd, Ibu Anis Fatul Cholis, M.Pd., dalam pendidikan nanti Calon Guru Penggerak akan mempelajari modul-modul Guru penggerak yaitu Modul 1 (Paradigma dan Visi Guru Penggerak terdiri dari Modul 1.1 Refleksi Filosofi Diknas Ki Hajar Dewantara, Modul 1.2 Nilai dan Peran GP, Modul 1.3 Visi Guru Penggerak, Modul 1.4 Budaya Positif), Modul 2 (Pembelajaran Berpihak Pada Murid terdiri dari Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdefernsiansi, Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional, Modul 2.3 Choaching).


Para Guru Penggerak harus memahami arah pencapaian yang harus dikuasai oleh guru penggerak, yaitu :

  1. Guru Penggerak (GP) mantap dengan strategi sebagai pemimpin pembelajaran.
  2. Guru Penggerak (GP) siap mengembangkan, mengomunikasikan visi sekolah.


Para Guru Penggerak yang lolos Pendidikan Guru Penggerak akan memiliki tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Guru Penggerak (GP) siap mengembangkan diri dengan reflektif.
  2. Guru Penggerak (GP) harus matang secara emosional, moral dan spiritual.
  3. Guru Penggerak (GP) harus segera melakukan kegiatan merencanakan, melaksanakan dan melakukan refleksi. Kemudian melakukan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada siswa.
  4. Guru Penggerak (GP) berkolaborasi dengan orang tua siswa.
  5. Guru Penggerak  (GP) mengembangkan dan mengomunikasikan dalam rangka mewujudkan visi sekolah.


Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Serius dan Antusias Mendengarkan Penyampaian Materi Dari Para Fasilitator dan Pengajar Praktik


Capaian Pembelajaran Guru Penggerak Tahun 2022, silahkan detail program bisa berkunjung ke laman resmi : https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/

Paket Modul 1, Paradigma dan Visi Guru Penggerak (Modul 1.1 Refleksi Filosofi Diknas Ki Hajar Dewantara) >>>> Unduh File


Paket Modul 1, Paradigma dan Visi Guru Penggerak (Modul 1.2 Nilai dan Peran GP) >>>> Unduh File


Paket Modul 1, Paradigma dan Visi Guru Penggerak (Modul 1.3 Visi Guru Penggerak) >>>> Unduh File


Paket Modul 1, Paradigma dan Visi Guru Penggerak (Modul 1.4 Budaya Positif) >>>> Unduh File


Paket Modul 2, Pembelajaran Berpihak Pada Murid (Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdefernsiansi) >>>> Unduh File


Paket Modul 2, Pembelajaran Berpihak Pada Murid (Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional) >>>> Unduh File


Paket Modul 2, Pembelajaran Berpihak Pada Murid (Modul 2.3 Choaching) >>>> Unduh File


Mekanisme Guru Penggerak >>>> Unduh File


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search